Kamis, 08 November 2012

Jenis-jenis processor AMD


AMD Athlon Desktop

Jenis varian Athlon Desktop adalah prosesor dengan single core generasi paling awal dari AMD. Saat ini sudah tidak ada lagi varian single core dari AMD yang dijual di pasaran. Jenis ini dibagi menjadi dua yakni AMD Athlon untuk kelas atas dan AMD Duron untuk kelas menengah kebawah.

AMD Sempron

AMD Sempron adalah prosesor AMD yang merupakan hasil pengembangan dari teknologi AMD Athlon single core. Prosesor ini mulai ada pada tahun 2003 dan mengalami masa kejayaan yang hampir mengalahkan Intel karena lebih dingin dan harganya lebih murah. Namun masih kalah dengan Intel Pentium 4 Dual Core.

AMD Athlon 64 Family

AMD lantas masuk ke ranah 64bit, yakni panjang data yang diproses bisa mencapai 2x lipat dari prosesor yang sebelumnya, namun harus didukung dengan sistem operasi dan aplikasi yang memang digunakan untuk 64bit. Namun AMD menggunakan sistem emulasi 32 bit, dimana anda masih bisa menginstall sistem operasi 32 bit pada komputer dengan prosesor AMD 64. AMD memiliki dua jenis prosesor 64 bit, yakni AMD Athlon 64 dan AMD Athlon 64 FX series. Meski berbasis pada arsitektur yang sama, namun fitur yang diberikan cukup banyak berbeda dengan harga yang tidak terpaut jauh. Pada dasarnya, processor AMD Athlon 64 mampu menghasilkan kecepatan yang tinggi terhadap aplikasi yang menggunakan banyak floating point dan kebutuhan bandwidth yang besar.
  • AMD Athlon 64

Pada processor ini memiliki dua versi. Versi yang pertama yang masih menggunakan memory single-channel. Yaitu Athlon 64 yang menggunakan socket 775. Sedangkan yang kedua menggunakan socket 939 dan sudah memiliki teknologi memory dual-channel. Untuk harga, sudah barang tentu Athlon 64 775 memiliki harga yang lebih murah dibanding 939. Keduanya memiliki L2 cache sebesar 1 MB, sedangkan untuk kecepatan yang ditawarkan beragam, mulai dari 2,4 GHz sampai dengan 3,0 GHz.
  • Athlon 64 FX

Prosesor ini adalah yang paling sering digunakan oleh gamer karena dilangkapi dengan L2 Cache sebesar 1 MB dengan kecepatan terendah 2,6 Ghz. Pada prosesor keluaran AMD berlabel 64 semuanya mendukung sistem operasi baik 32 bit maupun 64 bit. Versi AMD yang dibuat dan dipasarkan sekarang adalah pengembangan dari sistem AMD Athlon 64 FX ini. Salah satunya adalah AMD Athlon 64 X2, baik desktop maupun mobile.

AMD Opteron

AMD Opteron adalah salah satu usaha dari AMD untuk memasuki pasar komputer server. Prosesor jenis ini memilki kemampuan untuk mengolah data dalam jumlah yang cukup besar dalam satu satuan waktu tertentu. Ada beberapa seri prosesor AMD Opteron, yakni AMD Opteron 2356 dan Prosesor AMD Opteron Quad Core 8356 diklaim hemat biaya dan energi. Quad core artinya masing-masing prosesor memiliki inti pemrosesan berjumlah empat yang berarti mempercepat pemrosesan data empat kali lipat dari pada inti tunggal. AMD Opteron ini adalah prosesor yang equivalen dengan Intel Xeon, namun dengan harga yang lebih murah.

0 komentar:

Posting Komentar